Sabtu, 13 September 2008

Buku Sekolah Elektronik Departemen Pendidikan Nasional


Buku Sekolah Elektronik Departemen Pendidikan Nasional

(Sebuah Solusi Keterjangkauan Pendidikan)

Disusun Oleh:
Angga Fuja W.*
Arif Nurahman*
Bambang Achdiyat*


Department of Physics
Faculty of Sciences and Mathematics, Indonesia University of Education

and

Follower Open Course Ware at Massachusetts Institute of Technology
Cambridge, USA
Department of Physics
http://web.mit.edu/physics/
http://ocw.mit.edu/OcwWeb/Physics/index.htm
&
Aeronautics and Astronautics Engineering
http://web.mit.edu/aeroastro/www/
http://ocw.mit.edu/OcwWeb/Aeronautics-and-Astronautics/index.htm












"That for every action there is an equal and opposite reaction"
-"Isaac Newton"-

"...there are no simple answers
to how education can contribute
towards disarmament and development.
But increasing awareness through education
seems to be a way towards the kind of mobilisation
that is necessary..."

-"Magnus Haavelsrud, Norwegian peace educator"-

Buku Teks Pelajaran Murah
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas)

Disampaikan oleh:

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Di Jakarta, 20 Agustus 2008

Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dengan penuh rasa gembira dan bangga menyuguhkan sejumlah buku teks pelajaran layak-pakai yang hak ciptanya telah dilmiliki Departemen Pendidikan Nasional.
Buku-buku teks pelajaran tersebut tersedia di situs Depdiknas yang diberi nama Situs Buku Sekolah Elektronik yang disingkat BSE atau e-Book. Jumlah seluruhnya saat ini ada empat ratus tujuh (407) judul buku dan Insya Allah setiap tahunnya akan bertambah.

Buku-buku teks pelajaran ini telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 46 Tahun 2007, Permendiknas Nomor 12 Tahun 2008, Permendiknas Nomor 34 Tahun 2008, dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2008.

Buku-buku teks pelajaran yang telah dimiliki hak ciptanya oleh Depdiknas ini dapat digandakan, dicetak, difotokopi, dialihmediakan, dan/atau diperdagangkan oleh perseorangan, kelompok orang, dan/atau badan hukum dalam rangka menjamin akses dan harga buku yang terjangkau oleh masyarakat. Masyarakat dapat pula mengunduh (down load) langsung dari internet jika memiliki perangkat komputer yang tersambung dengan internet, serta menyimpan file buku teks pelajarann tersebut.

Untuk penggandaan yang bersifat komersial, harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Pemerintah berharap melalui Program Masal Buku Murah ini, buku teks pelajaran lebih mudah diakses sehingga peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia maupun sekolah di luar negeri dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar yang bermutu dan terjangkau.

Selamat belajar. Selamat mereguk ilmu, pengetahuan, dan teknologi melalui Buku Teks Pelajaran yang bermutu dan terjangkau.

(Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA)
Guru Besar Universitas Gadjah Mada yang juga mantan Menteri Keuangan RI, Saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional


Selamat Datang di Dunia Tanpa Kertas

Intro:

An e-book (for electronic book: also ebook) is the digital media equivalent of a conventional printed book. Such documents are usually read on personal computers, or on dedicated hardware devices known as e-book readers or e-book devices.

An e-book is a specialized type of e-text.

Many cell phones can also be used to read ebooks.

Digital media (as opposed to analog media) usually refers to electronic media that work on digital codes. Today, computing is primarily based on the binary numeral system. In this case digital refers to the discrete states of "0" and "1" for representing arbitrary data.

Computers are machines that (usually) interpret binary digital data as information and thus represent the predominating class of digital information processing machines. Digital media ("Formats for presenting information" according to Wiktionary:Media) like digital audio, digital video and other digital "content" can be created, referred to and distributed via digital information processing machines. Digital media represents a profound change from previous (analog) media.

Digital data is per se independent of its interpretation (hence representation). An arbitrary sequence of digital code like "0100 0001" might be interpreted as the decimal number 65, the hexadecimal number 41 or the glyph "A". See also: ASCII, Code.

Florida's digital media industry association, Digital Media Alliance Florida, defines digital media as "the creative convergence of digital arts, science, technology and business for human expression, communication, social interaction and education"

SELAMAT datang di era paperless.

Abad ke-21, sebuah era di mana kertas sudah tidak terlalu diperlukan lagi dalam dokumentasi. Di seluruh dunia, termasuk Indonesia, setiap institusi mulai merambah apa yang disebut dengan
e-document.

Noerrachman Saleh, Konsultan Dokumen Astragraphia menjelaskan bahwa kebutuhan akan e-document di masa kini sudah tidak terelakkan lagi. ”Orang lebih suka menyimpan data secara elektronik sebab pengolahannya lebih mudah. Selain itu problem sampah kertas dan keterbatasan tempat penyimpanan juga menjadi alasan tersendiri,” jelas Noer dalam sebuah seminar di Tasikmalaya.

Segala jenis pengetahuan di dunia ini pada dasarnya tersimpan pada tempatnya masing-masing. Sebagian besar, yaitu 42 persen, tersimpan dalam otak manusia. Lalu sebanyak 24 persen tersimpan dalam bentuk dokumen kertas. Baru disusul dalam bentuk dokumen elektronik sebesar 22 persen. Terakhir, ada pengetahuan yang ditampung dalam elektronik database, yaitu sebesar 12 persen. Demikian data yang dihimpun Delphi tahun 1997.

Metode konvensional mengenalkan kita pada penyimpanan data dengan buku atau kertas. Diawali dengan perpustakaan tradisional, yaitu kumpulan buku tanpa katalog. Berkembang kemudian menjadi perpustakaan semi modern, di mana katalog dilakukan secara manual.
Lalu ada pula katalog secara komputer.

Di era TI, lahir yang disebut dengan perpustakaan digital. Lalu yang paling canggih adalah perpustakaan virtual, ketika semua koleksi buku bisa diakses melalui internet.Yang terakhir ini bukan lagi sekedar konsep, melainkan sudah menjadi kenyataan. Sudah cukup banyak perpustakaan online di negara maju.

Untuk menuju ke arah perpustakaan virtual ini, terlebih dulu kita harus mengenal teknologi bagaimana dokumen pada sehelai kertas bisa diolah menjadi database komputer. Secara teknis, proses terciptanya sebuah e-document tidak terlalu rumit. Manfaat dari e-document salah satunya adalah minimalisasi tempat. Bayangkan, setumpukan data atau buku bisa dirangkum menjadi sebuah disket kecil (Flash Disk).

Noer menjelaskan bagaimana proses ini berjalan. Pertama, semua dokumentasi kertas melalui sistem scanning untuk bisa ditampakan dalam komputer. Dari sini bisa diolah lagi mana dokumen yang benar-benar penting atau tidak. Klasifikasi ini disebut dengan sistem verification. Dari sini menuju ke proses index, yaitu pengelompokan daftar isi yang ditujukan untuk memudahkan pencarian data. Dalam indexing ini dilakukan kategorisasi berupa tipe dokumen, tanggal, nama pembuat serta kata kunci.

Noer menjelaskan dalam sistem indexing bisa dilakukan dengan metode manual atau otomatis. Ada lagi sistem aplikasi indexing dengan Optical Character Reader (OCR). Dengan aplikasi ini maka kita bisa mencari kata per kata data dalam file yang dimaksud.
Setelah itu barulah di-release dalam bentuk disket atau CD ROM maupun hard disk.

Pada bentuk terakhir, data bisa diformat dalam bentuk HTML, Acrobat, Word atau ASCII.
”Walaupun ada yang optimis dengan paperless, ada pula yang tidak. Pada kenyataannya jumlah kertas di dunia ini terus meningkat. Ini membuktikan bahwa informasi sudah sedemikian membanjir, baik yang tersimpan secara elektronik maupun kertas,” kata Noer.

Perpustakaan Digital

A digital library is a library in which collections are stored in digital formats (as opposed to print, microform, or other media) and accessible by computers. The digital content may be stored locally, or accessed remotely via computer networks. A digital library is a type of information retrieval system.

The first use of the term digital library in print may have been in a 1988 report to the Corporation for National Research Initiatives, The term digital libraries was first popularized by the NSF/DARPA/NASA Digital Libraries Initiative in 1994. The older names electronic library or virtual library are also occasionally used, though electronic library nowadays more often refers to portals, often provided by government agencies, as in the case of the Florida Electronic Library. The DELOS Digital Library Reference Model defines a digital library as:

"An organization, which might be virtual, that comprehensively collects, manages and preserves for the long term rich digital content, and offers to its user communities specialised functionality on that content, of measurable quality and according to codified policies."


Astragraphia merupakan usaha jasa dokumentasi digital yang telah lama bekerja sama dengan Kementerian Riset dan Teknologi (KRT) dalam mengembangkan proyek Warung Informasi dan Teknologi (Warintek).

Sejak tahun 2000 mereka mengolah
data dan koneksi Warintek antara Sentra Informasi Perpustakaan Digital Iptek Nasional dengan sejumlah perguruan tinggi dan pengguna umum Warintek. Salah satunya adalah Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya,
Jawa Barat.

Warintek Unsil yang berdiri resmi pada Juni 2001 ini merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan oleh KRT dengan cara menyediakan fasilitas TI. Perpustakaan Unsil sendiri bisa dikategorikan sebagai perpustakaan digital, di mana sistem katalognya telah dilakukan dengan komputer.

Menurut Drs. Yoni Dharmawan, Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Perpustakaan Unsil yang membawahi Warintek, selain menyediakan sarana TI mereka juga mempunyai beberapa program.
”Kami mengadakan pelatihan staf perpustakaan untuk materi CDS/ISIS selama satu minggu. Instrukturnya berasal dari Institut Pertanian Bogor (IBP). Materinya meliputi pembuatan basis data baru, pemasukan data, penyuntingan data, penelusuran data, pembuatan file dan pencetakan,” jelas Yoni.
Program lain adalah pengembangan basis data koleksi perpustakaan dan katalog online. Di sini, staf perpustakaan diharap bisa membangun basis data koleksi yang nantinya akan disediakan kepada masyarakat dalam bentuk katalog komputer. Pembimbing dan instrukturnya berasal dari IPB. Saat ini sudah terbangun basis data sebanyak 2400 entri. Penambahan terus dilakukan oleh staf perpustakaan dengan laju penambahan rata-rata 100 entri per minggu.

Program berkut adalah pelatihan browsing internet dan email. Staf perpustakaan dan Warintek dibekali pengetahuan yang berhubungan dengan internet agar bisa melayani masyarakat pengguna dengan baik.Yoni juga menyebut adanya program pengembangan basis data teknologi tepat guna, pelatihan internet bagi dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum.

Menurut penuturan Roni, petugas Warintek Unsil, pengunjung Warintek lumayan ramai. ”Setiap saat selalu saja ada yang datang, baik dari mahasiswa maupun orang luar,” ungkap pemuda yang sudah lima tahun bekerja di Unsil. Dengan membayar ongkos sewa 4000 rupiah per jam, semua orang bisa mengakses internet dan informasi dari CD ROM yang tersedia.
Namun Roni menekankan bahwa Indonesia belum bisa sepenuhnya paperless. Terbukti, mahasiswa di kampus Unsil masih tetap membutuhkan buku-buku konvensional


References:

References

  1. ^ Greenstein, Daniel I., Thorin, Suzanne Elizabeth. The Digital Library: A Biography. Digital Library Federation (2002) ISBN 1933645180. Accessed June 25, 2007.
  2. ^ Kahn, R. E., & Cerf, V. G. (1988). The Digital Library Project Volume I: The World of Knowbots, (DRAFT): An Open Architecture For a Digital Library System and a Plan For Its Development. Reston, VA: Corporation for National Research Initiatives.
  3. ^ Edward A. Fox. The Digital Libraries Initiative - Update and Discussion, Bulletin of the America Society of Information Science, Vol. 26, No 1, October/November 1999.
  4. ^ L. Candela et al: The DELOS Digital Library Reference Model - Foundations for Digital Libraries. Version 0.98, February 2008 (PDF)
  5. ^ Koehler, AEC. Some Thoughts on the Meaning of Open Access for University Library Technical Services Serials Review Vol. 32, 1, 2006, p. 17
  6. ^ "The DSpace team recognized the value of the OAIS framework and recast the repository’s architecture to accommodate this archival framework" {{{author}}}, MIT's DSpace experience: a case study, [[{{{publisher}}}]], 2004.
  7. ^ Agosti, M., Candela, L., Castelli, D., Ferro, N., Ioannidis, Y., Koutrika, G., Meghini, C., Pagano, P., Ross, S., Schek, H.-J., & Schuldt, H. (2006). A Reference Model for DLMSs Interim Report. In L. Candela, & D. Castelli (Eds.), Deliverable D1.4.2 - Reference Model for Digital Library Management Systems [Draft 1]. DELOS, A Network of Excellence on Digital Libraries -- IST-2002-2.3.1.12, Technology-enhanced Learning and Access to Cultural Heritage. Online at: http://146.48.87.122:8003/OLP/Repository/1.0/Disseminate/delos/2006_WP1_D142/content/pdf?version =1
  8. ^ Gonçalves, M. A., Fox, E. A., Watson, L. T., & Kipp, N. A. (2004). Streams, Structures, Spaces, Scenarios, Societies (5S): A Formal Model for Digital Libraries. ACM Transactions on Information Systems (TOIS),22 (2), 270-312.
  9. ^ Committee on Institutional Cooperation: Partnership announced between CIC and Google, 6 June 2007, Retrieved 7 July 2007.
  10. ^ European Commission steps up efforts to put Europe’s memory on the Web via a “European Digital Library” Europa press release, 2 March 2006
  11. ^ Gertz, Janet. "Selection for Preservation in the Digital Age." Library Resources & Technical Services. 44(2) (2000):97-104.
  12. ^ Cain, Mark. “Managing Technology: Being a Library of Record in a Digital Age”, Journal of Academic Librarianship 29:6 (2003).
  13. ^ Gertz, Janet. "Selection for Preservation in the Digital Age: An Overview." Library Resources & Technical Services 44(2) (2000):97-104.
  14. ^ Cain, Mark. “Managing Technology: Being a Library of Record in a Digital Age”, Journal of Academic Librarianship 29:6 (2003).
  15. ^ Breeding, Marshall. “Preserving Digital Information.”. Information Today 19:5 (2002).
  16. ^ Teper, Thomas H. "Where Next? Long-Term Considerations for Digital Initiatives." Kentucky Libraries 65(2)(2001):12-18.
  17. ^ Pymm, Bob. "Building Collections for All Time: The Issue of Significance." Australian Academic & Research Libraries. 37(1) (2006):61-73.
  18. ^ Antique Books
  19. ^ Kelly, Kevin (2006-05-14). "Scan This Book!", New York Times Magazine. Retrieved on 2008-03-07. "When Google announced in December 2004 that it would digitally scan the books of five major research libraries to make their contents searchable, the promise of a universal library was resurrected. ... From the days of Sumerian clay tablets till now, humans have "published" at least 32 million books, 750 million articles and essays, 25 million songs, 500 million images, 500,000 movies, 3 million videos, TV shows and short films and 100 billion public Web pages."
  20. ^ Stanford Copyright & Fair Use - Digital Preservation and Copyright by Peter B. Hirtle

See also

External links

General

Conferences

  • ECDL - European Conference on Digital Libraries
  • ICADL - International Conference on Asian Digital Libraries
  • JCDL - ACM and IEEE Joint Conference on Digital Libraries

National and international archives

Book archives

Major subject archives

Tools


Readers

E-book readers may be specifically designed for that purpose, or intended for other purposes as well. The term is restricted to hardware devices, not software programs.

Specialized devices have the advantage of doing one thing well. Specifically, they tend to have the right screen size, battery lifespan, lighting and weight. A disadvantage of such devices is that they are often expensive when compared to generic devices such as laptops and PDAs.

Prominent examples include:

See also

Notes

References

External links


Buku Sekolah Elektronik dari BSE untuk SD/MI

Sumber: Kak Rauden Sah

ebook

Kelas 1

buku sdkelas01_bahasa-kita-bindo_jaruki.zip

buku sdkelas01_belajar-bahasa-indonesia-itu-menyenangkan_ismail.zip

buku sdkelas01_bindo_umri.zip

buku sdkelas01_dunia-mtk_kismianti.zip

buku sdkelas01_indahnya-bindo-sastra_suyatno.zip

buku sdkelas01_ipa_sholehudin.zip

buku sdkelas01_ipa_sri.zip

buku sdkelas01_ips_edi.zip

buku sdkelas01_ips_indrastuti.zip

buku sdkelas01_ips_inoki.zip

buku sdkelas01_mtk_djaelani.zip

buku sdkelas01_mtk_purnomosidi.zip

buku sdkelas01_pkn_setiati.zip

buku sdkelas01_pkn_suliasih.zip

buku sdkelas01_pkn_tijan.zip

buku sdkelas01_senang-belajar-ipa_rositawaty.zip

Kelas 2

buku sdkelas02_aku-bangga-bindo_ismoyo.zip

buku sdkelas02_bahasa-indonesia-umri_nuraini.zip

buku sdkelas02_cinta-berbahasa_indonesia_tri.zip

buku sdkelas02_indahnya-bindo_suyatno.zip

buku sdkelas02_ipa_heri-sulistyanto.zip

buku sdkelas02_ipa_sri-purwati.zip

buku sdkelas02_ipa_syaeful.zip

buku sdkelas02_ips-mengenal-lingkungan-sekitar_nurhadi.zip

buku sdkelas02_ips_kuswanto.zip

buku sdkelas02_ips_tri-jaya-suranto.zip

buku sdkelas02_mtk_buchori.zip

buku sdkelas02_mtk_purnomosidi.zip

buku sdkelas02_pkn_lili.zip

buku sdkelas02_pkn_sajari.zip

buku sdkelas02_pkn_setiati.zip

buku sdkelas02_senang-belajar-ipa_rositawaty.zip

Kelas 3

buku sdkelas03_aku-bangga-bindo_ismoyo.zip

buku sdkelas03_bahasa-indonesia_kaswan.zip

buku sdkelas03_bahasa-indonesia_umri.zip

buku sdkelas03_bindo-membuatku-cerdas_edi.zip

buku sdkelas03_bindo_mei.zip

buku sdkelas03_cerdas-berhitung-mtk_nur.zip

buku sdkelas03_ilmu-pengetahuan-sosial_saleh-muhammad.zip

buku sdkelas03_ipa_mulyati.zip

buku sdkelas03_ipa_priyono.zip

buku sdkelas03_ips_muhammad-nursa-ban.zip

buku sdkelas03_ips_sunarso.zip

buku sdkelas03_pkn_prayoga.zip

buku sdkelas03_pkn_purwanto.zip

buku sdkelas03_pkn_slamet.zip

buku sdkelas03_sains-ipa_sularmi.zip

buku sdkelas03_senang-belajar-ipa_rositawaty.zip

Kelas 4

buku sdkelas04_ayo-belajar-mtk_burhan.zip

buku sdkelas04_bahasa-indonesia_kaswan.zip

buku sdkelas04_bahasa-indonesia_umri-nuraini.zip

buku sdkelas04_bahasa-indonesia_umri.zip

buku sdkelas04_bindo-membuatku-cerdas_edi.zip

buku sdkelas04_cerdas-pengetahuan-sosial_retno.zip

buku sdkelas04_ilmu-pengetahuan-sosial_sadiman.zip

buku sdkelas04_ipa_budi-wahyono.zip

buku sdkelas04_ipa_heri.zip

buku sdkelas04_ipa_poppy.zip

buku sdkelas04_ips_tantya.zip

buku sdkelas04_pkn_prayoga.zip

buku sdkelas04_pkn_ressi-kartika.zip

buku sdkelas04_pkn_sarjan.zip

buku sdkelas04_senang-belajar-ipa_rositawaty.zip

Kelas 5

buku sdkelas05_bahasa-indonesia_umri.zip

buku sdkelas05_bindo-membuatku-cerdas_edi.zip

buku sdkelas05_bindo_sri.zip

buku sdkelas05_bindo_suyatno.zip

buku sdkelas05_gemar-mtk_sumanto.zip

buku sdkelas05_ipa_choiril.zip

buku sdkelas05_ips_endang.zip

buku sdkelas05_ips_reny.zip

buku sdkelas05_ips_syam.zip

buku sdkelas05_mtk_soenarjo.zip

buku sdkelas05_pkn_ikhwan_sapto_darmono.zip

buku sdkelas05_pkn_najib.zip

buku sdkelas05_pkn_setiati.zip

buku sdkelas05_sd_ilmu-pengetahuan-alam_heri.zip

buku sdkelas05_senang-belajar-ipa-rositawaty.zip

Kelas 6

buku sdkelas06-bahasa-indonesia_samidi.zip

buku sdkelas06_bahasa-indonesia-membuatku-cerdas_edi.zip

buku sdkelas06_bahasa-indonesia_sukini.zip

buku sdkelas06_bersahabat-dengan-mtk_dadi.zip

buku sdkelas06_bindo_sukini.zip

buku sdkelas06_gemar-mtk_sumanto.zip

buku sdkelas06_ilmu-pengetahuan-alam_heri-sulistyanto.zip

buku sdkelas06_ipa_dwi.zip

buku sdkelas06_ipa_yayat.zip

buku sdkelas06_ips_arif.zip

buku sdkelas06_ips_indrastuti.zip

buku sdkelas06_ips_sanusi-fattah.zip

buku sdkelas06_ips_widodo.zip

buku sdkelas06_kewarganegaraan_resi-kartika-dewi.zip

buku sdkelas06_pkn_setiati.zip

buku sdkelas06_pkn_sunarso.zip

buku sdkelas06_senang-belajar-ipa_rositawaty.zip

buku sdlampiran_03_03_2009.zip

Download Buku Sekolah Elektronik Untuk SMP/MTs Gratis Kelas 7, 8, 9. untuk download silahkan klik link-link di bawah ini :

Kelas 7

buku smpkelas07_aktif-bindo_dewi.zip

buku smpkelas07_bahasa-dan-sastra-indonesia_maryati.zip

buku smpkelas07_bahasa-indonesia-bahasa-kebangsaanku_sarwiji.zip

buku smpkelas07_bahasa-indonesia_endah.zip

buku smpkelas07_bahasa-inggris_kumalarini.zip

buku smpkelas07_bindo-jendela-ilmu-pengetahuan_romiyatun.zip

buku smpkelas07_bindo_atikah.zip

buku smpkelas07_english-in-focus_artono.zip

buku smpkelas07_ilmu-pengetahuan-alam-terpadu_anni-winarsih.zip

buku smpkelas07_ilmu-pengetahuan-alam_teguh-sugiarto.zip

buku smpkelas07_ilmu-pengetahuan-alam_wasis.zip

buku smpkelas07_ilmu-pengetahuan-sosial_wayan.zip

buku smpkelas07_ipa_agus.zip

buku smpkelas07_ips_iwan.zip

buku smpkelas07_ips_muh-nurdin.zip

buku smpkelas07_ips_waluyo.zip

buku smpkelas07_kompetisi-berbahasa-indonesia_nia.zip

buku smpkelas07_kompetisi-berbahasa-indonesia_ratna.zip

buku smpkelas07_matematika_atik.zip

buku smpjendela-ilmu-pengetahuan-bahasa-dan-sastra-indonesia_dwi.zip

buku smpkelas07_mtk_wagiyo.zip

buku smpkelas07_pendidikan-kewarganegaraan_sugeng.zip

buku smpkelas07_pengetahuan-sosial-1_didang.zip

buku smpkelas07_scaffolding_joko.zip

buku smpkelas07_smp_matematika_dewi_nuharini.zip

Kelas 8

buku smpkelas08_bahasa-dan-sastra-indonesia_maryati.zip

buku smpkelas08_bahasa-indonesia-bahasa-kebanggaanku_sarwiji.zip

buku smpkelas08_bahasa-indonesia_kisyani.zip

buku smpkelas08_bahasa-indonesia_yulianti-setyorini.zip

buku smpkelas08_bahasa-inggris_utami.zip

buku smpkelas08_bindo-sastra_asep.zip

buku smpkelas08_english-in-fokus_artono.zip

buku smpkelas08_galeri-pengetahuan-sosial-terpadu_sri.zip

buku smpkelas08_ilmu-pengetahuan-sosial_wayan.zip

buku smpkelas08_ilmu_pengetahuan_alam_rinie.zip

buku smpkelas08_ipa_saeful.zip

buku smpkelas08_ipa_wasis.zip

buku smpkelas08_ips_nanang.zip

buku smpkelas08_ips_sanusi-fatah.zip

buku smpkelas08_matematika-endah_budi.zip

buku smpjendela-ilmu-pengetahuan-bahasa-dan-sastra-indonesia_dwi.zip

buku smpkelas08_mudah-belajar-mtk_nuniek.zip

buku smpkelas08_pendidikan-kewarganegaraan_dadang.zip

buku smpkelas08_scaffolding_joko.zip

buku smpkelas08_smp_matematika_dewi_nuharini.zip

buku smpkelas08_terampil-berbahasa-indonesia_dewaki.zip

Kelas 9

buku smpkelas09_bahasa-dan-sastra-indonesia_maryati.zip

buku smpkelas09_bahasa-indonesia-bahasa-kebangsaanku_sarwiji.zip

buku smpkelas09_bahasa-indonesia_asep_sudarmawarti.zip

buku smpkelas09_bahasa-indonesia_nasharyati.zip

buku smpkelas09_bahasa-indonesia_sri.zip

buku smpkelas09_bahasa-indonesia_yulianti.zip

buku smpkelas09_bahasa-inggris_gunarso.zip

buku smpkelas09_bahasa_indonesia_atikah_anindyarini.zip

buku smpkelas09_english-in-fokus_artono.zip

buku smpkelas09_ilmu-pengetahuan-alam_dewi-ganawati.zip

buku smpkelas09_ilmu-pengetahuan-alam_nur-kuswanti.zip

buku smpkelas09_ilmu-pengetahuan-alam_sukis.zip

buku smpkelas09_ilmu-pengetahuan-sosial_wayan.zip

buku smpkelas09_ipa_elok-sudibyo.zip

buku smpkelas09_ips_ratna-sukmayani.zip

buku smpkelas09_ips_sanusi.zip

buku smpkelas09_ips_sutarto.zip

buku smpkelas09_matematika_ichwan.zip

buku smpkelas09_matematika_sulaiman.zip

buku smpkelas09_matematika_wahyudin_djumanta.zip

buku smpjendela-ilmu-pengetahuan-bahasa-dan-sastra-indonesia_dwi.zip

buku smpkelas09_mudah-belajar-mtk_naniek.zip

buku smpkelas09_pegangan-mtk_wagiyo.zip

buku smpkelas09_pelajaran-bahasa-indonesia_tri.zip

buku smpkelas09_pendidikan-kewarganegaraan_sugeng.zip

Menu Download dari DEPDIKNAS

ebook

Kelas 10

buku smakelas10_inter-language_joko-priyana.zip

buku smakelas10_mtk_hendi.zip

buku smakelas10_sistem-refrigerasi-dan-tata-udara.zip

buku smakelas10_teknik-pembibitan-tanaman_paristiyanti.zip

Kelas 11

buku smakelas11_bahasa-indonesia_euis.zip

buku smakelas11_bahasa_aktif-dan-kreatif-berbahasa-indonesia_adi.zip

buku smakelas11_developing-english-competencies_achmad-doddy.zip

buku smakelas11_interlanguage_joko.zip

buku smakelas11_interlanguage_senior_high_school_joko.zip

buku smaelas11_ipa_ips_aktif-dan-kreatif-berbahasa-indonesia_adi.zip

buku smakelas11_sistem-refrigerasi-dan-tata-udara.zip

buku smakelas11_sma_matematika_bahasa_pangarso.zip

buku smakelas11_sma_matematika_wahyudin.zip

buku smakelas11_terampil-berbahasa-indonesia_gunawan.zip

Kelas 12

buku smas12_bahasa-dan-sastra-indonesia_ipa-ips_muhammad-rohmadi.zip

buku smakelas12_bahasa_aktif-dan-kreatif-berbahasa-indonesia_adi.zip

buku smakelas12_bahasa_mahir-mtk_geri.zip

buku smas12_developing-english-competencies_ipa-ips_achmad-doddy.zip

buku smakelas12_interlanguage_joko.zip

buku smakelas12_ipa_ips_aktif-dan-kreatif-bindo_adi.zip

buku smakelas12_mtk_toali.zip

buku sma_sma_bahasa-dan-sastra-indonesia_bahasa_muhammad-rohmadi.zip

buku smakelas12_sma_matematika-aplikasi_ipa_pesta-e-s.zip

buku smakelas12_sma_matematika_bahasa_pangarso.zip

Penulis*:
1. Penggagas Sistem Sekolah Berbasis Lingkungan di Daerah Jawa Barat dan Banten
2. Founder The Sundanese Cyber School Alliance
3. Founder Ciamis Cyber School

(Ketiganya adalah Mahasiswa Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia dan Follwer in Open Course Ware at The Massachusetts Institute of Technology (MIT) Cambridge, Massachusetts, United States)

Tidak ada komentar: