Senin, 18 April 2011

HIMASKABAN




Himpunan Mahasiswa Asli Kota Banjar (HIMASKABAN)

Bismillahirrahmanirrahim...

Maksud dari pembuatan grup ini agar merekatkan tali persaudaraan dan berbagi keluh kesah dan pengalaman ..
di samping memberikan informasi yang sangat berharga bagi teman-teman kita yang masih duduk di bangku SMA..
khususnya di Kota Banjar...
mudah-mudahan bisa bermanfaat

Photo by:

RIKI
(Universitas Indonesia)

Jabotabek
adalah sebuah akronim dari Jakarta-Bogor-Tangerang-Bekasi, yaitu sebuah kawasan metropolitan Jakarta dan sekitarnya. Dengan dibentuknya Kota Depok sebagai pemekaran dari Kabupaten Bogor, akronim Jabotabek diubah menjadi Jabodetabek.

Definisi

Kawasan Jabotabek mencakup wilayah administrasi:


Demografi

Dari seluruh penghuninya diperkiran sebesar 8,8 juta orang tinggal di Jakarta, 3,7 juta orang di Bekasi, 3,4 juta orang di Tangerang, dan 2,6 juta orang di Bogor. Populasi ini meningkat setiap tahunnya dikarenakan besarnya urbanisasi dari seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah Indonesia memproyeksikan bahwa populasi Jabotabek akan mencapai 32 juta orang pada tahun 2016. Menurut statistik tersebut, Jakarta akan memiliki 12 juta orang dan kota-kota penyangganya memiliki 20 juta orang.

Padanan istilahnya dalam bahasa Inggris adalah Greater Jakartayang berarti kawasan perkotaan yang terintegrasi dengan Jakarta. Populasinya pada tahun 2005diperkirakan 18,5 juta orang, menempatkannya sebagai salah satu sepuluh besar wilayah metropolitan di dunia. Dan juga merupakan wilayah metropolitan terbesar di Asia Tenggara.

Transportasi

Pada tahun 2000, jumlah perjalanan di Jabotabek sebanyak 29,2 juta perjalanan/hari. Persentase moda angkutan yang digunakan: bus 52,7%; mobil pribadi 30,8%; sepeda motor 14,2%; dan kereta api 2%. Gejala komuter dari Botabek ke Jakarta sangat bergantung pada fasilitas kereta rel listrik dan jaringan jalan tol. Saat ini antara Jakarta dengan wilayah Botabek telah dihubungkan oleh beberapa jaringan jalan tol, antara lain :

Peruntukan Wilayah

Sejak tahun 1977, Pemerintah Propinsi DKI Jakarta telah menetapkan bahwa wilayah Botabek sebagai wilayah penyangga kota Jakarta. Hal ini disebabkan karena terlalu padatnya kota Jakarta untuk menampung semua aktivitas pemerintahan, perdagangan, dan industri. Berdasarkan hal tersebut pemerintah mulai mengatur pembangunan dan peruntukan wilayah di Jabotabek. Untuk aktivitas pemerintahan, tetap dikonsentrasikan di wilayah Jakarta Pusat. Pada tahun 1995, Presiden Soeharto pernah berencana untuk memindahkan pusat pemerintahan negara ke daerah Jonggol[rujukan?] di kabupaten Bogor. Tetapi ide tersebut tidak dapat terlaksana dikarenakan krisis keuangan yang melanda Indonesia pada tahun 1997.

Untuk industri, pengembangan dikonsentrasikan di kawasan Cibitung dan Cikarang (Kab. Bekasi) serta Cikupa (Kab. Tangerang). Untuk pemukiman, pengembang-pengembang besar banyak membangun kota-kota satelit yang dilengkapi dengan sarana pendukung kota seperti sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan tempat hiburan. Kota-kota satelit ini banyak berkembang di Kota Bekasi, Kota Tangerang, Serpong (Kota Tangerang Selatan), Cibubur (Kab. Bekasi), Cileungsi (Kab. Bogor), dan Kota Depok.

Referensi


Tidak ada komentar: