Penelitian Pendidikan
Di Susun Ulang Oleh:
Arip Nurahman
Pendidikan Fisika, FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia
&
Follower Open Course Ware at MIT-Harvard University. U.S.A.
Penelitian  pendidikan pada umumnya mengandung dua ciri pokok, yaitu logika dan  pengamatan empiris (Babbie, 1986:16). Metodologi dalam arti umum, adalah  studi yang logis dan sistematis tentang prinsip-prinsip yang  mengarahkan penelitian ilmiah. Dengan demikian, metodologi dimaksudkan  sebagai prinsip-prinsip dasar dan bukan sebagai methods atau cara-cara  untuk melakukan penelitian.
Tahapan-tahapan tertentu yang oleh Bailey disebut sebagai suatu siklus yang llazimnya diawali dengan:
1. pemilihan masalah dan pernyataan hipotesisnya (jika ada);
2. pembuatan desaian penelitian;
3. pengumpulan data;
4. pembuatan kode dan analisis data; dan diakhiri dengan intepretasi hasilnya.
Pelaksanaan  penelitian bersifat dinamis: yaitu penelitian yang bersifat terbuka,  dilakukan dengan berbagai pendekatan yang tidak kaku (rigit). Proses  penelitian diketahuai adalah proses yang dinamis, artinya perkembangan  suatu teori diawali dengan pemahaman terhadap teori itu sendiri, yang  kemudian menghasilkan hipotesis, lalu dari hipotesis itu diperoleh cara  untuk melakukan observasi, dan pada gilirannya observasi itu  menghasilkan generalisasi. Atas dasar generalisasi inilah teori itu  mungkin didukung atau ditolak.
Pemikiran  Wallace dapat memuat daur pendekatan yang bersifat induktife dan  pendekatan yang bersifat deduktife. Pendekatan induktif bermula dari  keinginan peneliti untuk memberi makna kepada data hasil observasi dalam  bentuk generalisasi empiris. Sedangkan, penelitian yang bersifat  deduktif dibangun dari data-data kuantitatif-statistik yang berusaha  mengadakan uji terhadap seperangkaian hipothesa yang menjadi asumsinya.
Prinsip-prinsip  metode ilmiah adalah sebagian besar sama bagi setiap cabang ilmu  pengetahuan. Sudah barang tentu perhatian pada segi penekanannya harus  diberikan, tetapi hal ini tidak menyangkut prinsip-prinsip metode ilmiah  (Vredenbregt, 1985: 59-60). Penelitian pendidikan sebenarnya suatu  proses untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar konsep yang  dijadikan bahan kajian dalam penelitian. Hubungan antar konsep itu  ditunjukkan dalam sebuah hubungan ........Setiap konsep yang kembangkan  sebagai variabel penelitian harus dapat menunjukkan beberapa indikator  empirik yang ada dilapangan.
A
| Academic Performance Standards | 
| |Martin Carnoy | Edward Haertel | | 
| Academic Restructuring | 
| |Linda Darling-Hammond | Patricia J. Gumport | Rachel Lotan | | 
| Access and Equity | 
| |Jennifer Adams | Anthony Antonio | Brigid Barron | Kenji Hakuta | Rachel Lotan | Ray McDermott | Nailah Suad Nasir | Christine Min Wotipka |  | 
| Achievement and Motivation | 
| |Susanna Loeb | Deborah Stipek | | 
| Achievement Tests | 
| |Edward Haertel | | 
| Adolescent Development | 
| |William Damon | Linda Darling-Hammond | Teresa LaFromboise | Amado Padilla |  | 
| Affirmative Action | 
| |Anthony Antonio | Martin Carnoy | Kenji Hakuta | | 
| Anthropology and Education | 
| |Shelley Goldman | Ray McDermott | | 
| Applied Econometrics | 
| |Martin Carnoy | Susanna Loeb | | 
| Applied Statistics in Educational Research | 
| |David Rogosa | | 
| Assessment | 
| |Anthony Bryk | Michael Kamil | | 
| Assessment By Teachers | 
| |Linda Darling-Hammond | | 
| Assessment Policies | 
| |Martin Carnoy | Linda Darling-Hammond | Edward Haertel | Michael Kamil |  | 
Bilingual Education / ESL
|Claude Goldenberg | Kenji Hakuta | Amado Padilla | Guadalupe Valdes |
C
| Career Counseling | 
| |John Krumboltz | | 
Charter Schools|Anthony Bryk | Martin Carnoy |
Linda Darling-Hammond | Susanna Loeb |
Debra Meyerson | Deborah Stipek |
D
| Decision Making | 
| |Hilda Borko | Daniel McFarland | | 
| Design and Analysis of Longitudinal Research | 
| |David Rogosa | | 
| Design Experiments | 
| |Brigid Barron | Roy Pea | | 
| Development of Historical Consciousness | 
| |Sam Wineburg | | 
| Dispersed Leadership | 
| |Debra Meyerson | | 
| Distance Education | 
| |Roy Pea | | 
| Diversity | 
| |Anthony Antonio | Arnetha F Ball | Ira Lit | Debra Meyerson | Aki Murata | | 
Sekolah Pendidikan Universitas Stanford
Tidak ada komentar:
Posting Komentar